Monday 28 July 2014

Perbedaan pada mengambil 1 syawal 1435 H

Pada kabupaten Aceh Barat Daya ada perbedaan pada mengambil 1 syawal 1435 H. Dan Pada keseluruhan indonesia bayak yang bilang 1 syawal jatuh pada hari senin tanggal 28 Juli 2014

NU dan Muhammadiyah sepakat 1 Syawal jatuh pada Senin.

HISAB dan RUKYAT
Menurut Menteri Agama, perhitungan Hisab menunjukkan "posisi hilal dari seluruh Tanah air dan belahan dunia lain, posisi hilal sudah ada pada ketinggian di atas 2 derajat, bahkan beberapa lainnya menyatakan di atas 3 derajat."

Sementara, lanjut Menag, dari perhitungan Rukyat, "Di seratus sebelas daerah di Tanah air, dilaporkan bahwa setidaknya ada sembilan orang dari tiga titik yang berbeda, tepatnya di Gresik, Pelabuhan Ratu Sukabumi dan di Koala, Sulteng, ketiga orang telah melihat hilal."

Beberapa tahun lalu, Muhammadiyah dan NU berbeda dalam menetapkan 1 Syawal, sehingga mereka menggelar sholat Idul Fitri tidak secara bersamaan.

Para pimpinan NU dan Muhammadiyah selalu meyakinkan anggotanya bahwa perbedaan ini tidak perlu dipermasalahkan agar tidak menimbulkan konflik.

Di kabupaten ABDYA NU biasa disebut Perti itu ada yang puasa besok, Muhammadiyah Umumnya jadi 1 syawal besok. Sehingga mereka menggelar sholat Idul Fitri tidak secara bersamaan.

Di Krung Batee semua perti menetapkan 1 syawal besok tanggal 28 juli 2014. Jadi semua. Tergantung pada kepercayaan masing-masing dan mengikuti ulama di daerah masing-masing.

Saya sendiri dan keluarga besar memutuskan besok 1 syawal 1435 H dan saya mengucapkan sekali lagi Mohon Maaf lahir Dan Batin.

No comments:

Post a Comment