Makalah
BANK
DAN LEMBANGA KEUANGAN LAINNYA
Di
Susun
O
L
E
H
KELOMPOK
XII
1. MUHAMMAD
ISA (1102120053)
2. REKI IRAHMAN (1102120068)
3. ARDIANSYAH PUTRA (11021200 )
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH
BANDA ACEH
2013
PEMBIAYAAN
KONSUMEN
A.
Pengertian
Pembiayaan Konsumen
Pembiayaan konsumen merupakan suatu
pinjaman atau kredit yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada debitor untuk
pembelian barang dan jasa yang akan langsung dikonsumsi oleh konsumen, dan
bukan untuk tujuan distribusi atau produksi. Pembiayaan konsumen ini dilakukan
oleh perusahaan pembiayaan konsumen (consumer finance company).
Pembiayaan ini biasanya dilakukan oleh bank maupun lembaga keuangan bukan bank.
Namun, dalam hal ini kami hanya akan menyampaikan perusahaan pembiayaan
konsumen yang merupakan lembaga keuangan bukan bank.
B.
Jenis-jenis
pembiayaan ada 3 yaitu :
1. Perusahaan pembiayaan konsumen yang merupakan anak perusahaan dari pemasok.
Perusahaan
pembiayaan konsumen ini dibentuk oleh perusahaan induknya, yaitu pemasok, untuk
memperlancar penjualan barang dan jasanya. Mengingat perusahaan ini dibentuk
untuk memperlancar penjualan barang atau jasa perusahaan induknya, maka
perusahaan pembiayaan konsumen jenis ini biasanya hanya melayani barang dan
jasa yang diproduksi atau ditawarkan oleh perusahaan induknya.
2. Perusahaan pembiayaan
konsumen yang merupakan satu group usaha dengan pemasok.
Perusahaan
pembiayan konsumen jenis ini pada dasarnya tidak berbeda dengan perusahaan
pembiayaan konsumen yang merupakan anak perusahaan dari pemasok. Perusahaan
pembiayaan konsumen ini biasanya juga hanya melayani pembiayaan pembelian
barang dan jasa yang diproduksi oleh pemasok yang masih satu group usaha dengan
perusahaan tersebut.
3. perusahahaan pembiayaan
konsumen yang tidak mempunyai kaitan kepemilikan dengan pemasok.
perusahahaan
pembiayaan konsumen yang tidak mempunyai kaitan kepemilikan dengan pemasok
biasanya tidak hanya melayani pembiayaan atas pembelian barang pada suatu
pemasok saja. Perusahaan pembiayaan ini bisa melayani pembiayaan pembelian pada
pemasok lain, sedangkan spesialisasi pembiayaan konsumen biasanya pada jenis
atau tipe barang dan daerah pemasaranya
^^Perusahaan Pembiayaan Konsumen yang
Merupakan Anak Perusahaan dari Pemasok
Perusahaan pembiayaan konsumen ini
dibentuk oleh perusahaan induknya, yaitu pemasok, untuk memperlancar penjualan
barang atau jasanya. Mengingat perusahaan ini sengaja dibentuk untuk
memperlancar penjualan barang atau jasa perusahaan, maka perusahaan pembiayaan
konsumen jenis ini biasanya induknya hanya melayani barang dan jasa yang
diproduksi atau ditawarkan oleh perusahaan induknya.
Sebagai contohnya adalah PT Uchiyama
Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan laptop dan
komputer. Mengingat daya beli masyarakat sedang lemah, maka PT Uchiyama Jaya
ingin memperlancar penjualan laptop dan komputer dengan cara mendirikan PT
Mahardika Utama. PT Mahardika Utama adalah perusahaan pembiayaan konsumen yang
khusus melayani kredit pembelian segala merk laptop dan komputer pada PT
Uchiyama Jaya.
Tahap-tahap pelaksanaan pembiayaan
konsumen dari skema di atas adalah :
A. Pembentukan
anak perusahaan
B. Pembuatan
perjanjian kerjasama pembiayaan konsumen
C. *Perjanjian
jual beli laptop dan komputer yang dibiayai oleh perusahaan pembiayaan konsumen
*Perjanjian pembiayaan pembelian laptop dan
komputer dari PT Uchiyama Jaya oleh konsumen
D. *Pembayaran
tunai harga
*Penyerahan mobil
E. Pembayaran
(angsuran pokok dan bunga) hingga lunas selama jangka waktu tertentu.
^^Perusahaan Pembiayaan Konsumen yang
Merupakan Satu Grup Usaha dengan Pemasok
Perusahaan pembiayaan konsumen jenis
ini pada dasarnya tidak berbeda dengan perusahaan pembiayaan konsumen yang
merupakan anak perusahaan dari pemasok. Perusahaan pembiayaan konsumen ini
biasanya juga hanya melayani pembiayaan pembelian barang dan jsa yang
diproduksi oleh pemasok yang masih satu grup usaha dengan perusahaan tersebut.
Perbedaannya hanya terletak pada hubungan antara pemasok dengan perusahaan
pembiayaan konsumen.
Contoh
kasusnya adalah Hameda Inc adalah satu grup usaha yang bergerak di berbagai
bidang usaha. Salah satu perusahaan yang bergabung adalah PT Noran Nagoya yang
merupakan produsen sepeda motor. Demi peningkatan penjualan sepeda motor yang
diproduksi oleh PT Noran Nagoya, maka PT Hameda Inc membentuk satu perusahaan
lagi yang bernama PT Hanora Finance yang bergerak di bidang pembiayaan
konsumen. Pembiayaan konsumen yang dilayani oleh PT Hanora Finance juga hanya
pembelian sepeda motor pada PT Noran Nagoya.
Tahap-tahap pelaksanaan pembiayaan
konsumen dari skema di atas adalah
A. Mempunyai
anak perusahaan
B. Membentuk
anak perusahaan baru
C. Pembuatan
perjanjian kerjasama pembiayaan konsumen
D. *Perjanjian
jual beli sepeda motor yang dibiayai oleh perusahaan pembiayaan konsumen.
*Perjanjian pembiayaan pembelian sepeda motor dari PT Noran Nagoya oleh
konsumen.
E. *
Pembayaran tunai harga sepeda motor
*Penyerahan sepeda motor
F. Pembayaran
(angsuran pokok dan bunga) hingga lunas selama jangka waktu tertentu
^^Perusahaan Pembiayaan Konsumen yang Tidak
Mempunyai Kaitan Kepemilikan dengan Pemasok
Perusahaan pembiayaan konsumen yang
tidak mempunyai kaitan kepemilikan dengan pemasok biasanya tidak hanya melayani
pembiayaan atas pembeliaan barang pada satu pemasok saja. Perusahaan pembiayaan
ini bisa melayani pembiayaan pembelian pada pemasok yang lain, Sedangkan
spesialisasi perusahaan pembiayaan konsumen biasanya pada jenis atau tipe
barang dan daerah pemasarannya. Perusahaan pembiayaan konsumen ada yang
berspesialisasi pada pembiayaan pembelian barang elektronik, ada yang
berspesialisasi pada pembiayaan pembelian mebel, ada yang berspesialisasi pada
pembiayaan pembeliaan mobil, dan lain-lain.
Contoh kasus adalah PT Nona Aegawa
merupakan sebuah produsen furniture di Kota Malang dan untuk
memperlancarpenjualannya perusahaan ini bekerjasama dengan PT Milko Noiko sebuah
perusahaan pembiayaan konsumen yang membiayai pembelian bermacam-macam jenis furniture
di Kota Malang. Berikut hal ini akan dijelaskan dalam skema.
Tahap-tahap pelakasanaan pembiayaan
konsumen dari skema di atas:
A. Pembuatan
perjanjian kerjasama pembiayaan konsumen.
B. *Perjanjian
jual beli furniture yang dibiayai oleh perusahaan pembiayaan konsumen.
*Perjanjian pembiayaan pembelian furniture
dari PT Nona Aegawa oleh konsumen.
C. *
Pembayaran tunai harga furniture.
*Penyerahan furniture.
D. Pembayaran
(angsuran pokok dan bunga) hingga lunas selama jangka waktu tertentu.
C.
Dokumen
yang Dibutuhkan dalam Proses Pembiayaan Konsumen
Dokumen yang diperlukan selama proses
pembiayaan konsumen, sejak adanya perjanjian awal sampai dengan proses
pelunasan pinjaman, meliputi dokumen- dokumen sebagai berikut :
^^Dokumen
kelayakan konsumen adalah dokumen yang diperlukan oleh perusahaan pembiayaan
konsumen untuk menentukan apakah suatu konsumen layak dibiayai ataukah tidak.
Dokumen ini berupa
-Identitas
dokumen ( KTP, Paspor, SIM, NPWP, anggaran dasar, surat izin usaha, dan
lain-lain)
- Bukti penghasilan atau
keadaan keuangan konsumen ( slip gaji, neraca dan laba rugi, dan lain-lain
Laporan survei oleh petugas
pembiayaan konsumen pada tempat tinggal atau usaha dari konsumen
-Dokumen pendukung seperti
persetujuan istri/suami, rekomendasi pihak yang dapat dipercayai dan lain-lain
^^ Dokumen
perjanjian adalah dokumen yang menunjkkan kesepakatan-kesepakatan antara
pihak-pihak yang terkait dalam proses pembiayaan konsumen. Dokumen ini berupa :
- Perjanjian kerja
sama antara pemasok dengan perusahaan pembiayaan konsumen
- Perjanjian jual beli antara
konsumen dengan pemasok
- Perjanjian pembiayaan antara
konsumen dengan perusahaan pembiayaan konsumen
- Perjanjian
pengikatan berbagai macam bentuk jaminan ( cessie piutang, fidusia, akta
pembebanan hak tanggungan, dan lain-lain)
^^ Dokumen kepemilikan
objek pembiayaan adalah dokumen yang merupakan bukti kepemilikan
atas barang yang dibiayai dengan pembiayaan konsumen. Dokumen ini antara lain
berupa BPKB, faktur, sertifikat, bukti penyerahan barang, bukti pemesanan barng
dan lain-lain.
^^Dokumen
kepemilikan jaminan adalah dokumen yang terkait dengan kepemilikan jaminan atas
pemenuhan kewajiban calon debitor. Dokumen ini antara lain berupa BPKB,
sertfikat tanah, faktur, dan lain-lain.
D.
Manfaat
Pembiayaan Konsumen
^^. Bagi Pemasok
Manfaat utama bagi pemasok dengan
adanya pembiayaan konsumen adalah peningkatan penjualan. Dengan
adanya perusahaan pembiayaan konsumen maka pemasok dapat memperoleh pembayaran
secara tunai dan angsuran konsumen dialihkan kepada perusahaan pembiyaan
konsumen. Risiko tidak terbayarnya kredit konsumen yang semula ditanggung oleh
pemasok juga menjadi dapat dialihkan kepada perusahaan pembiayaan konsumen.
^^Bagi Konsumen
Manfaat utama bagi konsumen adalah
kesempatan untuk membeli atau memiliki barang meskipun dana yang tersedia saat
ini belum cukup untuk menutup seluruh harga barang atau jasa. Keunggulan
pembiayaan konsumen dibandingkan kredit bang antara lain :
-Prosedur yang lebih sederhana
- Proses persetujuan yang biasanya lebih cepat
-Perusahaan pembiayaan
konsumen biasanya tidak mensyaratkan penyerahan agunan tambahan sepanjang
konsumen atau debitor cukup layak untuk dipercaya kemampuan dan kemauannya
memenuhi kewajibannya
-Konsumen tertentu ( terutama
di indonesia ) mengalami keengganan untuk berhubungan dengan bank dalam hal
peminjaman dana karena minimnya informasi tentang jasa-jasa bank dan cara
berhubungan dengan bank.
^^. Bagi Perusahaan Pembiayaan Konsumen
Manfaat utama yang dapat diperoleh
perusahaan pembiyaan konsumen adalah penerimaan dari bunga dan biaya
administrasi yang dibayarkan oleh konsumen. Tingkat bunga yang
ditetapkan oleh perusahaan konsumen biasanya lebih tinggi daripada tingkat
bunga kredit bank. Hal ini sebagai konsekuensi atu kompensasi karena perusahaan
pembiayaan konsumen menanggung risiko yang relatif lebih besar daripada
penyaluran dana dalam bentuk kredit kepada debitornya. Risiko yang ditanggung
perusahaan pembiayaan konsumen relatif lebih besar daripada bank yang menyalurkan
kredit antara lain karena:
-Perusahaan pembiayaan konsumen
cenderung melakukan analisis terhadap kelayakan konsumen atau calon debitor
dengan cara yang lebih sederhana
-Analisis dilakukan dalam waktu
yang sangat singkat
-Sepanjang kemampuan dan kemauan
calon debitor cukup bisa diandalkan, perusahaan pembiayaan konsumen biasanya
tidak mensyaratkan penyerahan agunan tambahan.
E.
KESIMPULAN
1. Pembiayaan
konsumen merupakan suatu pinjaman atau kredit yang diberikan oleh suatu
perusahaan kepada debitor untuk pembelian barang dan jasa yang akan langsung
dikonsumsi oleh konsumen, dan bukan untuk tujuan distribusi atau produksi.
Pembiayaan konsumen ini dilakukan oleh perusahaan pembiayaan konsumen (consumer
finance company).
2. Pembiayaan konsumen diklasifikasikan
menjadi tiga bagian atas dasar kepemilikannya yakni perusahaan pembiayaan
konsumen yang merupakan anak perusahaan dari pemasok, perusahaan pembiayaan
konsumen yang merupakan satu grup usaha dengan pemasok, dan perusahaan
pembiayaan konsumen yang tidak mempunyai kaitan kepemilikan dengan pemasok.
3. Dokumen
yang diperlukan selama proses pembiayaan konsumen dikelompokkan menjadi empat
satuan besar yakni dokumen kelayakan konsumen, dokumen perjanjian, dokumen
kepemilikan objek pembiayaan, dan dokumen kepemilikan jaminan.
4. Manfaat
yang didapat dari pembiayaan konsumen terdistribusi kepada tiga pihak yakni
pemasok, konsumen, dan perusahaan pembiayaan konsumen sendiri.
No comments:
Post a Comment