Saturday 7 March 2015

Stress dan Sakit Kepala

Sebagian orang yang mengatakan bahwa stress dapat menyebabkan sakit kepala, namun banyak juga yang bilang bahwa sakit kepala yang tak tertahankan juga menjadi penyebab stress. Nah, dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa stress dan sakit kepala merupakan sebab akibat yang tidak dapat dilepaskan begitu saja.
Tahukah Anda bahwa banyak hal-hal kecil yang dapat memicu stress dan sakit kepala, misalnya : terjebak macet, kehilangan kunci, dimarahi bos, anak nakal, dan masih banyak masalah lainnya. Nah, hal-hal kecil tersebut yang akhirnya bisa memicu stress, sedangkan stress yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi seseorang yang disebut distress. Distress sendiri merupakan sebuah reaksi dari stress yang negatif, biasanya ia akan mengakibatkan gejala fisik, seperti sakit kepala, masalah tidur, sakit perut, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menghindari stress dan sakit kepala? Cara yang tepat adalah dengan mengendalikan atau mengelola stress dengan sebaik-baiknya. Hindari menghilangkan stress dengan minuman keras atau beralkohol karena bukannya menghilangkan stress, minuman tersebut justru memperparah stress.
Untuk menghindari stress memang tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi jika masalah yang menyebabkan stress tiba-tiba saja menghampiri Anda. Namun dengan sedikit kesabaran dan usaha, maka Anda akan bisa menghalau stress yang artinya juga bisa menghilangkan sakit kepala.
Berikut ini merupakan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stress karena sakit kepala ataupun sakit kepala karena stress :
Managemen waktu yang efektif merupakan cara ampuh untuk mengatasi stress.
Mulailah mencatat hal-hal penting dengan sedetail-detailnya karena hal itu akan menghindarkan Anda dari lupa.
Selalu bersikap rileks dalam menghadapi setiap permasalahan.
Atur pola tidur dan istirahat yang cukup
Selain mencoba cara-cara di atas, Anda bisa juga meringankan serangan sakit kepala akibat stress dengan cara berikut ini :
Mandi dengan campuran air hangat dan garam Kristal yang dapat menyegarkan tubuh
Atur pola hidup sehat, misalnya konsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang, hindari makanan pemicu stress
Olahraga secara teratur, misalnya : berenang dan bersepeda
Pijat dan spa yang dapat merelaksasi otot
Menyalurkan hobi

No comments:

Post a Comment